Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Resep Membuat Pecel Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat, sehingga ketersediaan di pasar akan melimpah dan harganya juga lebih murah. Ikan lele juga enak dimakan dijadikan berbagai macam masakan yang sangat digemari oleh masayarakat dari berbagai kalangan. Salah satu jenis masakan yang cukup populer terutama di daerah Jawa adalah apa yang sering disebut sebagai pecel lele.

Konsep dari masakan ini sebenarnya cukup sederhana yaitu ikan lele yang digoreng garing atau ada juga yang dibakar, yang kemudian disajikan dengan sambal pecel lele yang khas, beserta beberapa jenis lalapan sayur seperti daun kemangi, irisan kol, irisan timun maupun tomat. Masakan seperti ini memang akan lebih nikmat jika kita nikmati secara bersama-sama dan menurut kami juga akan lebih nikmat jika disajikan ketika siang hari. Walaupun sebenarnya pecel lele juga tetap nikmat disajikan kapan saja bersama nasi putih hangat.

Pecel lele merupakan masakan khas Jawa Tengah, namun sebagian masyarakat ada yang mengenalnya sebagai Pecak lele, selain itu berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di Jember juga dikenal sebagai pecek lele, sedangkan di Malang dikenal sebagai lalapan lele. Namun pada dasarnya semuanya memang bisa dibilang hampir sama, yang akan selalu siap untuk memanjakan lidah anda sebagai penggemarnya.

Hingga sekarang cukup mudah untuk bisa mendapatkan masakan pecel lele, dari para pedagang yang menjajakan dipinggir jalan, di warung pemancingan bahkan hingga restoran-restoran juga ada beberapa yang menyajikan pecel lele. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri, mengingat ikan lele juga mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional, berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
1 Kg ikan lele, namun jangan ukuran yang terlalu besar maupun kecil

Bahan bumbu untuk merendam
2 sendok kecil ketumbar
5 siung bawang putih
4 cm kunyit
2 sendok makan air jeruk nipis
2 sendok makan garam
200 ml air

Bahan sambal pecel lele
10 buah cabe merah besar diiris kasar
20 buah cabe rawit(sesuai selera suka pedas atau tidak) diiris kasar
2 buah tomat diiris kasar
4 siung bawang merah diiris-iris
2 sendok makan gula merah
5 sendok kecil terasi matang
Garam secukupnya
2 sendok kecil air jeruk nipis

Bahan untuk lalapan
Daun kemangi, kol, irisan tomat buah merah, irisan mentimun

Cara membuat
1. Bersihkan ikan lele dari isinya, kemudian haluskan bumbu untuk merendam dan campurkan dengan 200 ml air. Jika sudah ikan lele yang telah dibersihkan rendamlah kedlam air bumbu tersebut
2. Buatlah sambalnya caranya, tumislah cabe, tomat dan bawang merah dengan sedikit minyak, kemudian beri sedikit air, tunggu hingga harum dan mengental. Jika sudah kemudian haluskan semua bahan bumbunya, dan beri air jeruk nipis
3. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak, kemudian gorenglah ikan lele hingga matang dan kering
4. Sajikan ikan lele dengan sambal dan lalapan, beserta nasi putih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar