Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Membuat Keripik Ikan Teri

Ikan Teri adalah salah satu jenis ikan laut anggota keluarga Engraulidae yang sering dimanfaatkan untuk masyarakat untuk dikonsumsi dengan cara diolah menjadi beragam macam masakan. Ikan ini pada umumnya berukuran sangat kecil-kecil kira-kira maksimal 5 cm yang hidup secara bergerombol yang sering memangsa plankton sebagai makanannya. Selain itu beberapa ciri yang cukup menonjol dari ikan ini selain ukuran tubuhnya yang kecil adalah, moncongnya yang terlihat tumpul, dan pada kedua rahangnya terdapat gigi yang kecil yang tajam.

Mungkin bagi sebagian besar dari kita pernah merasakan nikmatnya olahan ikan teri yang rasanya gurih asin, karena ikan ini sangat nikmat walaupun hanya disantab dengan nasi hangat saja. Selain itu ikan Teri juga sangat mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional dimana saja, dan harganya juga sangat ringan dikantong untuk masyarakat menengah kebawah.

Beberapa jenis makanan hasil olahan ikan teri yang paling sering kami temui adalah berupa rempeyek ikan teri, kemudian botok ikan teri, dan lain-lain. Namun selain dari pada itu ikan teri juga bisa diolah menjadi semacam camilan yaitu keripik, sehingga sering disebut orang-orang sebagai keripik ikan teri. 

Keripik seperti ini rasanya memang sangat gurih dan ketika digigit akan terasa renyah dengan balutan tepung sebagai kulit keripiknya, namun menurut kami keripik teri seperti ini tidak terlalu banyak orang yang membuatnya. Padahal keripik seperti ini juga asyik dijadikan camilan kapan saja, namun selain dari pada itu juga cocok dijadikan sebagai teman makan bersama beberapa jenis masakan.

Mungkin ada diantara anda yang penasaran dengan rasa dari keripik teri seperti ini, namun untuk mendapatkannya memang terbilang cukup susah karena keripik ini belum terlalu populer jika dibandingkan dengan beberapa jenis keripik lainnya. Oleh karena itu yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri, selain itu mungkin saja keripik ini juga bisa dijadikan sebagai usaha bisnis, mengingat keripik seperti ini cukup jarang orang yang membuatnya. Berkaitan dengan hal tersebut pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagi tentang cara membuat dan resep teri.  

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1,5KG teri basah kemudian bersihkan
300 gram tepung beras
420 ml air
2 butir telur
10 helai daun jeruk, diiris halus
  
Bumbu Halus :
15 butir bawang merah
8 siung bawang putih
2 sendok kecil ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan bumbunya kemudian campurkan dengan tepung beras, air, telur dan irisan daun jeruk, kemudian aduklah semuanya hingga benar-benar merata.
2. Siapkan penggorengan tuangkan minyak goreng kemudian panaskan.
3. Celupkan ikan teri kedalam adonan tepung dan bumbu yang sudah dibuat kemudian goreng hingga matang dan garing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar