Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Resep Membuat Sate Kambing

Sate adalah salah satu kuliner khas Nusantara yang sangat legendaris, karena dari masa ke masa masakan seperti ini tidak akan pernah habis penggemarnya. Seperti kita ketahui semua jika Sate memiliki ciri khas yaitu potongan bahan seperti daging atau yang lainnya kemudian dipotong-potong dan ditancapkan ke sebuah potongan bambu yang ditipiskan. Sate sendiri cukup beragam jenisnya dan secara umum dibedakan atas dasar yang digunakan untuk membuatnya, selain itu juga dibedakan atas dasar ciri khas daerah masing-masing.

Jika sebelumnya kami pernah membahas sate ayam madura, maka untuk artikel kali ini adalah sate yang terbuat dari bahan daging kambing, sehingga sate seperti ini dinamakan tak lain adalah sate kambing. Kuliner seperti ini sudah tersebar diberbagai daerah dinusantara, karena hampir diseluruh kota selalu ada pedagang kaki lima yang menjajakan sate seperti ini, bahkan hingga kelas restoran maupun hotel. Selain itu kemungkinan besar anda sendiri sudah pernah mencicipi nikmatnya sate kambing, disamping banyak yang menjualnya namun juga ketika hari raya Idul Adha karena daging seperti kambing juga merupakan salah satu jenis daging kurban, sehingga setelah hari raya tersebut banyak masyarakat yang mengolahnya menjadi macam-macam masakan termasuk sate.

Sate Kambing memiliki rasa yang gurih khas daging kambing, dan masakan seperti ini dimasak dengan cara dibakar, sehingga ketika proses memasaknya pasti akan mengeluarkan aroma yang harum dan menggugah selera. Pada umumnya Sate Kambing lebih banyak disajikan dengan sambal kecap bersama beberapa jenis lalapan, walaupun terkadang ada juga yang disiram dengan sambal kacang, selain itu secara umum untuk sate jenis ini juga disajikan dengan nasi hangat.
 
Memang pada dasarnya daging kambing banyak yang menganggap lebih kenyal atau alot jika dibandingkan dengan jenis daging lain, sehingga ada beberapa tip sederhana yang bisa membuat daging kambing menjadi lebih empuk, dan salah satunya adalah membukus daging kambing tersebut dengan daun pepaya dan meremas-remasnya sebentar, kemudian diamkan kira-kira 10 menit. Selain itu ada juga yang menganggap daging kambing mentah aromanya lebih amis(dalam bahasa Jawa Prengus), sehingga pada umumnya masyarakat merendamnya dengan air nanas sebentar kira-kira 5-10 menit(dalam catatan jangan terlalu lama).

Setelah membaca sedikit uraian diatas, mungkin ada diantara anda yang belum pernah membuat sendiri sate kambing dan ingin mencobanya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi mengenai resep dan cara membuat sate kambing, dan jika anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini.

Bahan membuat Sate Kambing
1KG Daging Kambing
Tusuk Sate
Arang untuk membakar

Bumbu Olesan
125 ml kecap manis
6 lembar daun jeruk, iris halus
12 buah bawang merah, iris halus
2 sendok kecil merica bubuk
2 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu sambal kecap
Cabe rawit, iris halus
Bawang merah, diiris tipis-tipis
125ml kecap manis
1 sendok kecil merica bubuk
2 sendok makan air jeruk limau

Lalapan
Kol iris halus
Tomat, diiris-iris

Cara membuat
1. Potong dadu daging kambing yang telah dibersihkan kemudian tancapkan kedalam tusuk sate kira-kira 5 potong atau sesuai selera
2. Jika sudah campurkan semua bahan olesan, kemudian oleskan sate dengan bumbu olesan tersebut
3. Bakarlah sate diatas bara api arang, dibolak-balik sambil sesekali diolesi bumbu oles lagi
4. Jika sudah matang, buatlah bumbu sambal kecap dengan mencampur semua bahan smabal kecap yang tersebut diatas.
5. Taruh sate matang pada piring, kemudian siram dengan sambal kecap dan bagian tepi berilah lalapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar