Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Membuat Abon Ikan Tuna

Jika sebelumnya kami pernah mambahas tentang cara membuat abon dari salah satu jenis ikan tawar yaitu lele sehingga disebut sebagai abon lele, maka untuk kali masih seputar makanan sejenis namun yang terbuat dari ikan laut yaitu ikan tuna sehingga dikenal sebagai abon ikan tuna. Hidangan ini sendiri adalah sejenis makanan yang sering digunakan untuk lauk makan atau juga bisa dijadikan sebagai bahan isi beragam kue tradisional, yang memiliki tekstur yang kering seperti kapas dan berserat halus, dan pada umumnya terbuat dari daging.

Sebelum membahas tentang abon ikan tuna tidak ada salahnya jika kita mengenal sedikit tentang ikan tuna yang merupakan salah satu jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi. Ikan Tuna adalah ikan laut yang merupakan famili Scombridae yang terdiri dari 48 spesies lebih, dan ini dikenal perenang yang handal. Ikan ini memiliki bentuk yang bisa dibilang mirip dengan torpedo(fusiform), dan memiliki moncong yang meruncing, selain itu ikan laut ini juga memiliki kelebihan yaitu mampu menjaga suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu lingkungan sehingga mampu bertahan hidup dilingkungan yang dingin.

Ikan ini mungkin juga bisa dibilang salah satu jenis ikan yang cukup mewah untuk dikonsumsi, sehingga hasil olahan dari ikan tuna merupakan makanan yang istimewa. Begitu juga dengan abon tuna yang menurut kami agak jarang ada yang memproduksinya, sehingga dipasaran juga cukup sulit untuk bisa ditemukan. Hal ini mungkin juga karena harga ikan tuna lebih mahal jika dibandingkan dengan beberapa jenis ikan konsumsi lainnya.

Namun mungkin ada sebagian dari anda yang penasaran dengan rasa dari ikan tuna seperti ini, sedangkan untuk bisa mendapatkannya juga cukup susah. Oleh karena itu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika anda tertarik berikut adalah salah sau resep dan cara membuatnya.
Resep
1,5 kg filet ikan tuna
3 batang serai, kemudian memarkan
1,5 cm jahe, kemudian memarkan
275 ml santan

Bumbu Halus
9 Bawang merah
4-5 siung Bawang putih
3 cm kunyit
1 lembar daun jeruk
Garam secukupnya

Cara Membuat
  • Kukus filet ikan tuna hingga lunak, namun jangan sampai hancur, kemudian disuwir-suwir lembut atau juga bisa diparut agak kasar
  • Tumislah bumbu halus yang telah disiapkan sebelumnya dengan 3 sendok makan minyak goreng hingga harum
  • Jika sudah masukan ikan tuna bersama santan, dan masaklah dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga merata dan kering
  • Gorenglah adonan tuna diatas dengan minyak hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan
  • Jika sudah peras minyaknya hingga benar-benar kering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar