Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Resep Membuat Kue Getas

Ketan adalah salah satu jenis bahan makanan selain nasi yang disukai oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Bahan makanan seperti ini ketika sudah dimasak akan terasa lebih lengket jika dibandingkan dengan beras atau nasi, sehingga sejak jaman dahulu ketan dijadikan atau diolah menjadi beragam jenis kue tradisional dan salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan kue Getas. Mungkin sebagian dari anda pernah bahkan sering menyantab jajanan pasar seperti ini, karena dibeberapa daerah cukup mudah untuk bisa ditemukan dipasar tradisional.

Jika dilihat dari bentuknya ada yang berbentuk lonjong seperti telur, namun ada juga yang lonjong agak pipih dan pada bagian luarnya terdapat lapisan gula sehingga rasanya manis dan ketika digigit juga kenyal, yang menjadikannya daya tarik dari kue Getas ini. Kue ini dimasak dengan cara digoreng sehingga akan berwarna kecokelatan, yang dilapisi oleh bahan gula yang berwarna putih, sehingga jika dilihat juga cukup menarik yang membuat orang ketika melihatnya terasa langsung ingin menyantabnya.

Camilan gorengan seperti ini sebenarnya cukup mudah untuk membuatnya, namun tentu juga membutuhkan ketelatenan, dan selain itu bahan untuk membuatnyapun juga sangat mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar tradisional. Selain itu jajanan pasar ini juga cocok dijadikan sebagai camilan keluarga ketika pagi hari maupun sore hari, atau mungkin ketika ada sanak saudara atau teman yang sedang berkunjung kerumah anda camilan ini juga bisa dijadikan hidangan dengan segelas teh hangat.

Dibeberapa daerah memang masih mudah untuk bisa menemukan penjualnya, namun mungkin dibeberapa daerah lainnya makanan tradisional seperti ini sudah agak dilupakan sehingga jarang ada yang menjajakannya, dan membuat kita rindu ingin menyantabnya kembali. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, berikut adalah resepnya. 
Resep Kue Getas
225 gram tepung ketan
100 gram tepung beras
100 gram kelapa parut setangah tua
125 ml air
Garam secukupnya

Bahan Pelapis(besta)
125 gram gula pasir
100 ml air

Cara Membuat 
  • Camupurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan garam.
  • Jika sudah tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
  • Bentuklah lonjong-lonjong menjadi beberapa buah sampai adonan habis.
  • Gorenglah dengan api sedang hingga kecoklatan
  • Rebus gula dengan air hingga mengental, kemudian masukan adonan yang sudah digoreng diatas kedalamnya, aduk hingga gula menempel merata. 
  • Jika sudah angkat tunggu hingga gulanya mengering berwarna keputihan dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar