Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Resep Membuat Pepes Jamur Tiram

Pepes atau pepesan adalah sebuah masakan khas nusantara yang memiliki ciri khas dibungkus oleh daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang atau juga ada yang dikukus sehingga memiliki cita rasa tersendiri. Jika secara umum masakan seperti ini terbuat dari ikan, namun dalam perkembangannya  juga bisa menggunakan bahan-bahan lainnya untuk membuatnya dan salah satunya adalah jamur tiram.

Jamur tiram(Pleurotus ostreatus) sendiri berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di situs Wikipedia, sumber tersebut menyatakan jika dari hasil penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jika jenis jamur ini memiliki kandungan gizi seperti protein, kalori, karbohidrat, dan selain itu berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. 

Menariknya lagi jenis jamur yang satu ini  sendiri juga sudah cukup banyak yang membudidayakannya sehingga akan lebih menemukannya dipasaran, dan tentu harganya juga lebih terjangkau.

Kembali pada masakan pepes jamu tiram, masakan seperti ini memiliki rasa yang sangat gurih dan agak pedas, sehingga apabila kita menyantabnya hanya dengan nasi putih saja pasti rasanya sudah sangat nikmat, terlebih lagi jika bersama dengan masakan sayuran lain.

Namun sayangnya masakan seperti ini jarang ada orang yang menjualnya karena secara umum orang yang menjualnya yang terbuat dari ikan. Oleh karena itu bagi anda yang belum pernah mencicipi nikmatnya pepesan jamur tiram, tentu yang terbaik adalah membuatnya sendiri dan berikut adalah salah satu resepnya. 

Resep
150 gram jamur tiram, disuwir-suwir
1 butir telur
3 butir bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 butir kemiri, haluskan
1 buah cabai merah, iris tipis
1 buah cabai hijau, iris tipis
Garam, gula, daun kemangi secukupnya

Cara Membuat 
  • Kocoklah telur kemudian campurkan dengan bahan bumbu diatas
  • Jika sudah campurkan adonan telur dan bumbu dengan jamur yang telah disuwir-suwir.
  • Siapkan daun pisang kemudian masukan adonan kedalan daun pisang tersebut dan semat dengan lidi
  • Jika sudah kukuslah kira-kira 10-15 menit, kemudian angkat dan panggang sebentar.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jamur_tiram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar