Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Mengenal Sekoteng Minuman asal Jawa Tengah dan Resepnya

Setelah kami menulis tentang wedang Ronde dan cara membuatnya, ada minuman sejenis lain yang tidak kalah nikmatnya. Minuman ini dikenal sebagai Sekoteng yang merupakan sebuah minuman penghangat badan asli dari Jawa Tengah yang memiliki sedikit persamaan karena juga terbuat dari jahe.

Sekoteng sangat cocok dihidangkan pada malam hari yang dingin apalagi ketika hujan turun maka biasanya penjual minuman ini akan laris manis. Pada umumnya minuman ini juga dijual oleh pedagang keliling yang bisa menggunakan gerobak dan tidak hanya di Jawa Tengah saja namun sudah merambah di daerah-daerah yang lain.

Jika Ronde lebih terasa khas karena bola-bola kenyal yang didalamnya di isi kacang, berbeda dengan Sekoteng yang pada umumnya terdapat kacang goreng, roti tawar, kacang hijau dan pacar cina didalamnya. Perbedaan tersebut tentu juga akan menghasilkan rasa dan kenikamatan yang khas pada masing-masing minuman.

Sebagai minuman dari jahe sekoteng juga menyegarkan buat tubuh, membuat badan kita menjadi hangat, yang akan selalu siap menemani anda ketika capek pulang kerja atau aktifitas-aktifitas lainnya. Selain itu, menariknya Sekoteng juga menggunakan bahan pacar cina, sedangkan berdasarkan sumber di Wikipedia bahan tersebut bisa bermanfaat untuk menyembuhkan perut kembung, batuk dan lain-lain. Namun sebagai catatan untuk minuman Sekoteng sendiri apakah juga bermanfaat yang sama seperti pacar cina kami belum mengetahuinya, karena belum mendapatkan sumber secara ilmiah mengenai minuman ini.
Jika anda ingin mencicipi minuman ini, namun ditempat anda sulit untuk mendapatkannya, maka mungkin anda bisa untuk mencoba membuatnya sendiri. Pada artikel ini kami akan berbagi mengenai resep untuk membuat Sekoteng, yang merupakan salah satu minuman tradisioanal Jawa Tengah bercita rasa jahe.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
400 gram gula merah
2 sendok gula pasir
4 potong jahe yang telah dikupas dan dimemarkan
2 batang serai dimemarkan
2 lembar daun pandan wangi dan dipotong-potong
1500 cc air
100 gram kacang yang digoreng tanpa minyak
60 gram pacar cina yang direbus
100 gram kacang hijau yang direbus
Sedikit irisan kelapa muda dan roti tawar

Cara membuatnya :
1. Pertama masak beberapa bahan seperti gula merah, gula pasir, daun panda, jahe dan air sampai masak dan mendidih.

2. Jika sudah angkat saring dan buah ampasnya

3. Jika anda ingin menghidangnya bisa dengan mangkuk atau gelas, masukan kuah tersebut kedalam mangkuk kemudidan beberapa bahan yang telah disebutkan di atas seperti kacang goreng, kacang hijau, pacar cina, roti dan kelapa muda.

Biasanya para pedagang juga ada yang menambahkan beberapa bahan lagi, tergantung dari daerah masing-masing dan selera. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar