Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Wedang Ronde Hangat dan Cara Membuatnya

Minuman ini sangat cocok disajikan ketika malam hari yang dingin, karena salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatannya adalah dari jahe yang bisa menghangatkan dan menyegarkan tubuh kita. Selain pedas dan hangat minuman ini juga manis dan didalamnya juga terdapat seperti bola-bola yang terbuat dari tepung ketan isi kacang yang membuat rasanya sangat khas.

Jika anda penasaran minumam apakah ini, maka jawabannya adalah wedang Ronde. Wedang disini adalah bahasa jawa yang diartikan sebagai minuman, dan di Bandung jenis minuman penghangat badan ini sering dikenal sebagai Onde Jahe. Pada dasarnya minuman ini terdiri dari dua komponen utama yaitu air jahe hangat atau panas dan bola-bola yang disebut sebagai Ronde, sehingga disebut sebagai wedang Ronde. Namun selain dari kedua komponen tersebut juga terdapat beberapa komponen lain seperti kacang, kolang-kaling, roti dan agar-agar yang di potong kecil-kecil.

Bola-bola Ronde sendiri rasanya manis dan agak kenyal yang akan selalu siap menggoyang lidah para penggemarnya, dan minuman jahe sendiri juga dikenal bisa menyegarkan badan, meningkatkan stamina dan menyembuhkan beberapa penyakit seperti sakit tenggorokan, mengatasi mual atau mabuk darat, dan lain-lain.

Di setiap daerah wedang ronde memiliki banyak variasi yang berbeda, ada yang diberi susu kental, tape ketan, roti, dan lain-lain, yang tentu saja juga akan memberikan cita rasa yang khas dari daerah masing-masing. Jika anda ingin mencicipinya hampir diseluruh daerah di Jawa banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya.
Jika anda penasaran ingin membuatnya sendiri, pada artikel ini kami akan sedikit berbagi tentang cara membuat dan resep wedang jahe. Jika anda ingin mencobanya silahkan baca dibawah ini

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman jahe(kuah wedang ronde) :
1500 cc air
2 lembar daun pandan wangi dan dipotong menjadi beberapa bagian
2 batang serai yang telah dimemarkan
14 sendok gula pasir
4 jahe yang telah dikupas dan dimemarkan

Bahan untuk membuat Ronde :
4 Sendok kecil gula pasir
200 gram tepung ketan
1 sendok kecil air kapur sirih
Air hangat
Garam secukupnya

Cara membuatnya
1. Masaklah bahan-bahan untuk membuat minuman jahe yang tersebut di atas sampai mendidih dan disaring. Dengan demikian anda sudah membuat kuahnya

2. Pada tahap ini membuat bola-bola ronde, yaitu dengan cara uleni tepung ketan dengan air hangat dan air kapur sirih sampai bisa dibentuk seperti bola-bola.

3. Isi bola-bola tersebut dengan kacang yang telah dihaluskan

4. Masukan bola-bola tersebut kedalam air panas sampai terapung, jika sudah demikian berarti sudah matang dan segera tiriskan.

5. Jika anda ingin menghidangkannya masukan kedalam mangkuk, masukan kuah jahe dan bola-bola tersebut. Anda juga bisa memasukan bahan-bahan lain seperti kacang, roti, susu kental manis, agar-agar, kolang-kaling sesuai dengan selera anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar